Akhir dari SKRIPSI !

By ara - 7/09/2016

Sekitar Setahun lalu gue lulus dari kuliah tahun 2015, waktu jaman masa skripsi gue membuat animasi Stop motion dengan Judul Pangeran Diponogero.

Mirip Valak yaa gue !

Buat kalian yang mau buat film dengan teman stopmotion bisa tanya - tanya sama gue!

"Kenapa Si Gue Buat Film Stop Motion? "

Karena menurut gue sesuatu hal yang menantang membuat stopmotion, yapppp.. butuh kesabaran. keuletan, ketekunan, dan kedisiplinan. Oia , proses pembuatan animasi ini cukup singkat sekitar 3 bulan kurang. Belum lagi gue dikejar-kejar deadline penulisan laporan. Jadi hasil filmnya seadanya tapi gue lulus dengan sempurnaaa dengan nilai A- (A-minnn lulusss).


three musketeer kena bacok voldermort

Gue buat projrct animasi ini dibantu dengan 2 kawan gue, Rahmania alias nia/ maman/ dan teman gue namanya Rizqu Bani. Selama 3 bulan lebih kita buat ini sampai gumoohh orokk, nggak makaann - makaann karena biaya proses yang cukup mengeluarkan modal banyak. Belum lagi jam kerja kita seperti kalongggg... Jam kerja kita dimulai pukul 12 siang setelah makan siang itu juga ngaretttt.., kemudian berlanjut sampai magrib sekitar jam 6 sore baru kita istirahat sejenak sampai pukul 9malam, barulah kita memulai lagi membuat sampai jam 3 pagi. Gokillllllllllllsssss nggak tuhhh !!! Yaaahh tidur -tidur shubuh lahhh jam 5 pagi. Seperti itulahh rutinitas gue selama 3 bulan proses pembuatan.

Memang benar dunia skripsi adalah paling terkejam, ketika loe harus membuat sebuah tugas akhir dan begitu pula kalian harus berlomba-lomba menyelesaikan laporan skripsi. GOKILSS.. Muntah darahhh gue semenjak skripsi dan ditambah lagi dosen pembimbing gue kilersssss..

Hahahaha..

Tapi itulah hidup kadang kalian harus menjalani walaupun terpaksa, kalau Gueee Ingat.. Ingattt.. Ingattttt.. Tinggggg!!!! (tinggal berjuang sampai mati atau tak ada usaha akan kalah selamanya).. tsssaaadiessshhht.. ! Cukup lah basa-basi nya,

Prosess pembuatannya nih !

"Buat kalian yang belum tau itu stop motion itu apa ?"

Jadi, stop motion adalah animasi yang mengunakan shooting frame by frame. Menggunakan teknik animasi yang menggabungkan teknologi fotografi dengan animasi. Media yang digunakan bisa bermacam-macam, misalnya boneka, kertas, gambar dikertas, gambar di papan tulis, lilin, dll. Semua objek itu bisa dijadikan sebagai objek animasi yang nantinya akan difoto dalam setiap pergerakannya. Sehingga benda mati tersebut yang digunakan sebagai obyek dapat seolah oleh hidup.

Dan gue buat animasi stop motion Pangeran Diponogoro dengan bahan Paper alias kertass.. kertas yang dipakai dengan bahan yang agak tebal sehingga memudahkan untuk di gerakan.

ini contoh yang gue buattt. masih salah iniii..
"Ouh iaaa,, Kenapa sih Judulnya Pangeran Diponegoro ? "

Awalnya gue juga binggung mau buat cerita apa, kebanyakan kan cerita drama percintaan dan masyarakan pasti bakalan merasa bosen juga melihat cerita seperti itu terus menerus, So.. gue berusaha menyuguhkan cerita sejarah dengan versi animasi stop motion. belum lagi kan perkembangan film bertema sejarah perjuangan pun sangat sedikit di Indonesia sehingga saat ini tidak banyak masyarakat indonesia yang mengenal cerita rakyat dan kisah-kisah rakyat yang bersifat edukatif. Oleh sebab itu gue membuat pembuatan film perang Diponogoro dapat mengingatkan kembali tentang sejarah perjuangan di Indonesia.


Buat kalian yang penasaran sama film nya bisa di tonton aja nihhhh... Oia kalian bisa download video nya sebagai refrensi tugas kuliah atau tugas pelajaran.



 


Gimana film nya garing kan, menurut gue ! tapi bagus kan, gue nyaa.. hahhahaha
Kalian pernah buat animasi stopmotin nggak? kalau kalian pernah buat share ya siapa tau bisa tuker informasi cara pembuatannya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar