Resiko Naik Kendaraan Umum

By ara - 4/20/2017



keren juga gaya guee, kaya jenifer bahdimm..

Gue baru aja nempelin pantat gue di kasur setelah pulang pergi naik kereta demi mencari modal kawin. Yaaappp.. Jika kalian kerja tidak di daerah jakarta bersyukurlah, karena kelelahan bekerja di jakarta ada kemacetan yang tak kunjung ada solusi.

Semua jalan ibu kota menjadi lebih macet ketika jaman tempo dulu, pemukiman yang padat penduduk, urbanisasi dari desa ke kota untuk mencari sesuap nasi, mobil dan motor semakin banyak tidak terkendali, pembangunan gedung-gedung tinggi apartement atau pun perkantoran semua berpusat di ibu kota.

Yeahhhhhh sama saja ketika kalian semua menggunakan transportasi pribadi tetap merasakan kemacetan. Belum lagi menggunakan model transportasi masal yang berimbas memakan waktu lebih lama ketimbang naik kendaraan pribadi. Segini aja curhat gue tentang kerja di ibu kota.

So, gue disini bakal cerita-cerita tentang beberapa pengalaman nggak ngenakin selama gue bepergian pake kendaraan umum. Berikut ini pembahasan lebih lanjutnya yak!


Gue adalah tipikal orang yang insecure. Gue suka ngerasa nggak nyaman kalo duduk sama orang asing. Apa lagi kalo sebelahan sama om-om. Sumpah demi Tuhan, selama gue bepergian ntah itu naik kereta, bus atau pesawat sekalipun, nggak pernah seindah di sinetron-sinetron di mana gue bisa ketemu cowok cakep, terus kita saling lempar senyuman, dan satu hari kemudian, keperawanan gue ilang.


Kenyataannya, selama gue bepergian sendirian pake kendaraan umum, yang duduk di sebelah gue kalo nggak nenek-nenek menopause, ya om-om obesitas. Yang paling ngeselin dari keadaan kayak gitu adalah, orang-orang yang lanjut usia ini gampang banget tidur. Kalo mereka udah tidur, mereka nggak bakal peduli ama dunia luar. Tapi perasaan paling gak nyaman itu muncul saat misal gue lagi di bus yang lumayan kosong. Banyak kursi kosong di belakang gue, tapi ntah kenapa ada om-om yang duduknya milih sebelahan sama gue. Sumpah, serem abis..

Pengalaman paling parah, baru aja gue alamin tadi, di mana gue duduk bareng om-om yang sangat takut kelewatan stasiun tujuan dia.. Sampe-sampe dia bawa jam waker yang sengaja dia bunyiin tiap satu jam!


Jam waker Sueeeeee!!!

Sempet stress gara-gara jam waker itu, gue nggak bisa tidur juga. Akhirnya, gue ngabisin waktu dengan nonton film di laptop, berharap itu bisa jadi pembunuh waktu. Tapi apa yang terjadi??

Om-om sebelah gue ini tidur ngorok!! Sumpah gue kesel abiss!! Pengen rasanya nyumpel mulut tuh om-om pake lokomotif, cuma karena gue takut kualat, gue ngalah.. Gue pake headphone gue dan nyalain volume film kenceng-kenceng biar suara ngorok tuh om-om nggak kedengeran.

Sempet ngerasa nyaman beberapa saat, tiba-tiba gangguan lain dateng. Tuh om-om yang tidur pules kayak bayi komodo, tiba-tiba senderan di pundak gue tanpa bilang "Assalamualaikum" lebih dulu. Gue cuma bisa nepok jidat. Gue sabar-sabarin, gue istighfar, gue ganti nonton film .3gp..

Tapi ternyata cobaannya gak sampe situ doang.. Baru aja gue bisa ngalihin perhatian gue ke film di laptop dengan volume maksimal dan mencoba melupakan ada sebongkah kepala om-om bersandar di pundak, pelan-pelan gue ngerasa ada yang dingin-dingin gitu di pundak gue. Dan yap.. Om-om yang tidur pules di pundak gue tadi, NGILER.. KAMPRET RUSIA! BADAK JAWA! UPIL ANOA! GUE LANGSUNG LEMPAR TUH OM-OM DARI JENDELA!!!


Ini sih biasanya bakal dialamin sama orang yang baru nyoba-nyoba naik kendaraan umum. Kejadiannya sama persis jaman gue pertama kali ke Jakarta. Niatnya dari Planet Bekasi mau naik taksi ke Kelapa gading. Tapi nggak tau supirnya rabun, apa amnesia, bisa-bisanya gue diajakin muter-muter ke daerah kampung melayu. Di mana kalo dilogikain, misal gue dari jogja, mau ke Jakarta, eh diajak lewat Sumatra dulu. Endingnya, argo membengkak, dompet gue mendadak jadi kerempeng drastis.


Sudah pasti yang namanya kendaraan umum, gak bakal lepas dari fenomena-fenomena kriminal. Bisa aja pencopetan, perampokan, sampe bahkan pelecehan seksual bisa menimpa penumpang yang nggak waspada. Sebenernya semua itu bisa dihindari asalkan kita punya tindakan preventif. Misal nggak make barang-barang yang terlalu mewah dan mencolok, nggak make pakean yang terlalu seksi, dan kalo cowok, jangan make hot-pants waktu naek busway.

Ngomongin soal pelecehan seksual gue pernah ngalamin waktu gue naik kereta dari satasiun manggarai ke stasiun bekasi. Saat jam sibuk pulang kantor biasanya kereta menjadi sangat penuh dan sesak. Waktu itu gue lagi di gerbong campur, bukan di gerbong khusus wanita. Apes nya pria belang gue mulai gesek-gesek titit nya ke badan gue. Nama nya kereta lagi penuh dengan zombie. Well, "Fackingggg shitttt DAMNNNN" gue mulai merasakan hawa panas yang muncul ketika titit pria itu mendekat dan belum lagi ada rasa titit nya mulai keras. Karena gue bukan lagi anak polos yang mau aja di lecehkan. Akhirnya gue bilang ke pria itu "Pakkkk.. kalau laper jangan disini minta makan dirumah sama istri. memangnya saya nggak tau kalau anu bapak gesek-gesek paha saya..!" kata gue.
Bapak itu diem aja dan keringet dingin kemudian mulai ada bau belerang bercampur walangsangit di celana dia dan Sekeliling gue mulai melihat kearah bapak itu dan akhirnya bapak itu pindah ke arah berlainan..


Ya namanya kendaraan umum, kan yang dilayanin nggak cuma kita doang. Jadinya, bakal makan waktu lebih lama dari pada naik kendaraan pribadi. Contoh paling simpel, misal kalian naek angkot deh. Kalian udah standby di halte pukul 7pagi Niat nya mau ke halte berikutnya, tetapi sebelum perjalanan menunju ke halte berikutnya, kalian bakal di suruh menunggu calon penumpang lain dan menunggu bis sampai keadaan angkot itu penuh dengan penumpang. Jadinya, halte pertama ke halte berikutnya yang harusnya setengah jam, jadi 1-2jam gara-gara kalian menunggu penumpang penuh didalam mobil. 


Sudah bisa ditebak, cowok yang kemana-mana selalu naik kendaraan umum itu bakal susah buat dapet jodoh. Kenapa? Karena cewek biasanya lebih suka dijemput pake kendaraan pribadi biar kesan "pribadi"nya kian berasa. Gak mungkin kan, kalian naek angkot sama gebetan sambil pelukan mesra? Atau kalian bisa nyanyi-nyanyi kenceng waktu lagi sama-sama naik ojek sebelahan? Yap, resiko terakhir ini emang resiko yang paling horor dari memakai kendaraan umum. Jadi, pikirin baik-baik.. Mau cepet dapet jodoh apa enggak?

Kayaknya itu aja dulu tulisan gue kali ini.. Gue mau lanjut istirahat.. Tidur tengkurep.. Bokong gue ternyata memar-memar gara-gara perjalanan tadi..

Anyway.. Kalo kalian mau sharing soal pengalaman-pengalaman aneh di kendaraan umum yang pernah kalian alamin, silakan share di comment box! :D


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ngakak baca historynya 😂 , sorry yang bagian gesek gesek gue ngakak , sorry that is too funny , hahahhaha 😂

    BalasHapus