Proses Pembuatan Stop Motion Tugas AKhir Gue PART 1

By ara - 7/12/2016

Sebelumnya gue cerita di blog gue mengenai "Akhir dari Skripsi". Well siapa sangka ternyata nggak ada yang respon. Hahahaha,.

Ide Awal pembuatan stop motion ini memang sudah direncanakan dari awal awal gue masih orok, masih gumoh batu akik. tapi baru di realisasikan semenjak tugas akhir aja. kalau bukan karena tugas akhir. Mmmhhh.. gue pastikan itu nggak bakal terjadi karena proses yang rumit dan butuh extra sabar maka nya buat nya semerawud.. haahhaha..

proses pembuatan stopmotion !


Jadiii cerita nya ginii., asal mu  asal gue buat cerita stop motion Pangeran Diponogoro. Mendekati tugas akhir atau bisa di bilang skripsi. Gue harus bisa menghasilkan karya yang sangat bagus , inovasi, atau apa lah semacamnya.. Gue sih berfikiran kenapa nggak buat stop motion aja dari pada harus bikin karya yang berbaur coding/ programer .. Lagian Otak gue mana mampu menelan bahasa bahasa pemograman yang ada gue mimisan terus muntah darah. Bagi yang paham itu hal yang mudah tapi bagi gue itu hal yang bikin gue harus berfikir keras dan panjang dann memerlukan pendekatan khusus dengan si bahasa program dan pastinya gue nggak di phpin.. Lagi pula kampus gue mengizinkan untuk membuat film stop motion dengan beberapa tim. Karena sepanjang sejarahhh dunia per kampusan gue belum pernah ada yang buat film stop motion dari bahan kertasss..

Itu ide yang sangat-sangat -sangatt -sangaaaattt menantang kaya di tipi-tipi film uji nyaliii.. Tapi kalau si peserta film Uji nyali di tipi nyali kalau nggak kuat bisa melambaikan tangan, laaahhh.. tugas akhir gueee, kalau nggak kuat ya udahlahhh dewa kampus, dewa bujana dan dewa 19 dan deayam kampus juga nggak bisa menolong... bisa bisa kalian tidak di luluskan atau mengulang atau pending atau menjadi mahasiswa abadi..

Mhhhhh terus nihh, Jadi habis dari gue mikirin tuh konsep gue mulai mencari partner temen yang bisa di ajak kerjasama dalam proses pembuatan tugas akhi ini, Yappp siapa lagi kalau bukan niak dan bani.. Nah kalau si bani ini dia yang memberi saran membuat film sejarah dengan judul "PANGERAN DIPONOGORO". Si Bani juga menjadi si musik editor, Tugas dia bikin film jadi lebih nyata dan terkesan sangat real.. Sedangkan kalau Niak dia Editor film, tugas nya dia cuma bikin film jadi lebih masuk kecerita ya pokoknya kalian tahu lah ya tugas editor itu apa. Cukuplah yahhh basa basi cerita tentang mereka. Kalau mereka tahu, pasti nanti dia senang karena nama mereka bakal jadi terkenal. Hahahh..

Oiittt.. satu lagi yang belum gue kasih tau sama kalian, tugas gue sebagai apa sih saat proses film ini jadi. Tugas gue adalah Desainer abal-abal yang sebenernya masih cupu dalam membuat desain gambar.

Sehabis dari pembagian kerja dari masing-masing orang mulai deh tuhhh realisasinya dari judul "Pangeran Diponogoro". Ceritanya di ambil dari beberapa buku cerita Pangeran Diponogoro. Syukur alhamdulilah bukan gue yang bikin naskah cerita nya. Yaaaaaa,, siapa lagi kalau bukan Bani. Jujur gue itu males namanya baca buku. Satu buku aja bisa di Baca berbulan-bulan bahkan hingga 1 tahun lamanya belum selesai di baca. Ini buku gue foto copy dan tersedia 3 jilid, Buku ini tersedia di kampus UI depok, kalian bisa pinjam dan fotocopy.

Buku ini tidak di jual hanya saja di pinjamkan.

Setelah gue fikir-fikir ngapain juga gue fotocopy buku ini, tohhh nanti nya nggak bakal gue baca juga yaaa.. mhhh.. sedih juga sih.. Habis itu di buatlah skenario cerita nyaa.. cukup panjang lah ada beberapa scene untuk mengetahui ceritanya. Gue buat ceritanya singkat sih karena durasi nya gue males buat panjang-panjang ceritanya karena gue males proses syutingnya nanti.. HAHAHAHAH.. bodoh ya gue. tapi desain carakternya juga harus banyaaaaaakkk.. gileee loe droooo. tim desain cuma satu sihh gue doang jadi nya lamaaaa.. Nih buat kalian yang pengen tahu cerita nya gimana bisa baca di skenario nyaa.. siapa tau bisa jadi tugas sejarah buat kalian..


Part 1


Part 2


Part 3

Setelah itu untuk mebuat film stop motion ada yang terbuat dari bahan lilin, kertas, atau semacamnya.. Proses pertama kalian kumpulin deh tuh bahan-bahannya, Karena tugas akhir gue terbuat dari kertas jadi nya gue beli kertas yang bahannya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Kenapa gue buat dengan bahan yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal agar memudahkan kalian untuk menggerakan objek yang akan di buat atau di bentuk.

Kemudiaaaaaannn dari kertas - kertas ini dibuat lah desainnya, karakternya, semuanya deh pokoknyaa.. karakter pertama ya jelas Pangeran Diponogoro setelah itu baru paraa pengikut dan jendral-jendralnya...


Gue buat dengan semua sisi baik belakang mau pun depan. Semua karakter telah di buat, setelah itu dicetak dengan menggunakan bahan kertas yang sudah di beli. 







Barulah di gunting-gunting untuk di buat pola tangan dan kaki sehingga bisa di gerakan. Tahap untuk menggunting lah yang bikin kesel karena banyak karakter, banyak properti, banyak semua nya deehhhhhh...


Proses pengguntingan.
Gimana nggak boross. salah gunting dari ulang.. banyak banget kita menghambur-hamburkan uang.. buat semacam ini. hahaha tapi seru juga sih..


Ini beberapa karakter yang sudah jadi dan masih banyak lagi karakter yang dibuat.


Ini proses rigging.

Kenapa namanya rigging, karen untuk membuatnya dia berdiri kita harus menambahkan tusuk gigi agak dia mau berdiri. Awalnya mau dibuat dengan bahan acrylic yang dipotong-potong. tetapi karena terlalu banyak makan waktu jadi nya kita cari alternatif yang murah aja, pake tusuk gigi. hahhahahaha.. bukan main ide gue yang alay..

hasil yang sudah jadi.

Nihhhhh.. hasilnya seperti ini guys, bisa berdiri kannn.. manteb bukan mainn.. nah setelah itu di buat deh bahan propertinya. semacam rumah nya, Goa nya buat tempat persembunyian dari penjajah belanda.


Ini goa nya !

Ini masih setengah proses pembuatan goa -goa ann.. 

Nihhh... kita buat goa nya agak 3d cuma karakter nya aja yang nggak 3d. 

percobaan doang 

ini beberapa properti bahan ledakan dan kerduss.

buat api-apian sehingga menjadi lebih besar..
 Dari ini semua gue simpulkan.. bikin saraang nyamukkkkkk yang bukannn main banyaknyaa.. GOKILSSS nggak tuhhhh..
buat kalian yang mau tahu filmnya seperti apa bisa di lihat di bawah ini..






Gimana film nya garing kan, menurut gue ! tapi bagus kan, gue nyaa.. hahhahaha, 
Kalian pernah buat animasi stopmotin nggak? kalau kalian pernah buat share ya siapa tau bisa tuker informasi ...

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ka isi Naskahnya itu apa aja kalo boleh tau ??
    aku jg ada tugas bikin stopmo kaya gitu hhe,fyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. naskahnya itu yg ada di web . bisa di download

      Hapus